Kesalahan Dalam Belajar Yang Harus Kamu Hindari

Belajar pada dasarnya bukan hanya kewajiban anak sekolah. Orang dewasa yang sudah bekerja pun perlu untuk terus belajar. Karena tanpa belajar, kita tidak akan mengetahui apa yang seharusnya kita ketahui.

Kesalahan Dalam Belajar Yang Harus Kamu Hindari

Namun sayangnya, belajar seringkali dianggap sebagai suatu kegiatan yang membosankan. Hal tersebut menyebabkan munculnya kesalahan-kesalahan yang membuat kita gagal menyerap informasi dalam proses belajar. Akhirnya bukannya ilmu, tapi hanya capek saja yang didapatkan selama proses belajar tersebut. Supaya proses belajar lancar dan kamu mendapatkan hasil yang sesuai, kamu harus menghindari 6 kesalahan berikut ini.

  1. Berorientasi Pada Nilai
    Mendapatkan nilai bagus pasti menjadi tujuan bagi kamu yang masih bersekolah. Tapi jika itu yang menjadi tujuan utamamu, maka hasil yang akan kamu dapatkan selama belajar mejadi tidak maksimal. Mungkin setelah belajar dan ikut ujian, kamu akan mendapatkan nilai yang bagus. Tapi setelah itu kamu akan cepat melupakan apa yang sudah kamu pelajari.
    Seharusnya, yang menjadi tujuanmu dalam belajar adalah untuk mengembangkan diri.  Karena dengan tujuan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang kamu miliki,hasil belajarmu bisa bermanfaat untuk dirimu sendiri dan orang lain.
  2. Berlebihan Dalam Belajar
    Mempunyai semangat belajar yang sangat menggebu-gebu tentu bagus. Tapi jangan sampai semangat tersebut membuat kamu jadi berlebihan dalam belajar. Belajar terlalu lama bisa membuat otak dan tubuhmu kelelahan. Saat lelah, otak juga menjadi kesulitan untuk menerima dan menyimpan informasi. Karena itu jangan berlebihan dalam belajar ya!
  3. Tidak Dilakukan Dengan Rutin
    Tahukah kamu, bahwa yang terpenting dalam belajar sebenarnya bukanlah lama waktunya, melainkan seberapa sering kamu belajar. Belajar 15 menit setiap hari akan jauh lebih bermanfaat dibandingkan belajar selama empat jam tapi hanya seminggu sekali.
  4. Malas Latihan
    Malas untuk latihan/praktik juga menjadi salah satu kesalahan umum dalam belajar. Setelah kamu memahami apa yang sudah kamu pelajari, sebaiknya dipraktikkan lagi agar kamu semakin paham.
    Misalnya saat kamu belajar bahasa asing, cobalah untuk latihan berdialog menggunakan bahasa asing yang kamu pelajari.

Itulah kesalahan-kesalahan yang seringkali dilakukan saat belajar. Supaya hasil belajarmu lebih maksimal, yuk hindari kesalahan-kesalahan tersebut dan belajar lebih giat lagi untuk terus mengembangkan diri.

Leave a Comment