Idiom adalah ungkapan bahasa berupa gabungan kata, yang maknanya sudah menyatu dan tidak dapat ditafsirkan dengan makna unsur yang membentuknya. Secara mudahnya, idiom adalah ungkapan yang maknanya tidak bisa diartikan secara literal.

Judul Lagu Populer Ini Menggunakan Idiom Bahasa Inggris

Kalau kamu belum tahu, penggunaan idiom ini sering ditemukan pada lagu-lagu berbahasa Inggris yang cukup populer, lho.

Mau tahu apa saja contohnya? Yuk kita lihat.

  1. Lady Gaga – Poker Face
    Poker face adalah salah satu single terlaris Lady Gaga di tahun 2009 yang lalu. Tapi kamu tahu nggak apa arti dari idiom ‘poker face’ di lagu ini?

    Poker face dapat diartikan sebagai ekspresi wajah seseorang yang tidak menunjukkan apa yang sedang dipikirkan atau dirasakan oleh orang tersebut. Istilah ini berasal dari pemain kartu poker yang tidak menunjukkan ekspresi wajahnya agar orang-orang tidak bisa menebak apa yang mereka pikirkan atau rasakan.
  2. Bruno Mars – Count on Me
    Lagu Bruno Mars ini menceritakan tentang persahabatan dan apa yang seharusnya dilakukan oleh sahabat sejati. Berkaitan erat dengan makna lagunya, idiom count on sendiri berarti mengandalkan atau bergantung pada seseorang atau sesuatu.
  3. Adele – Under the Bridge
    Under the Bridge adala salah satu lagu Adele di albumnya yang diberi nama 25.

    Under the Bridge secara idiomatik dapat diartikan sebagai masalah yang dimiliki oleh seseorang di masa lalu, namun tidak dikhawatirkan lagi karena sudah lama terjadi dan tidak dapat diubah lagi. Meskipun singkat, tapi makna dari idiomnya cukup panjang, ya!
  4. Ed Sheeran – Thinking Out Loud
    Selanjutnya ada lagu dari Ed Sheeran yang berjudul Thinking Out Loud. Lagu ini bercerita tentang seseorang yang mengungkapkan perasaannya kepada orang yang ia sayangi. Nah sesuai banget dengan judulnya, idiom thinking out loud berarti menyatakan secara langsung apa yang sedang dipikirkan.
  5. Michael Jackson – Beat It
    Salah satu judul lagu dari King of Pop juga ada yang mengandung idiom lho. Lagu Beat It yang rilis di tahun 1982 ternyata juga merupakan sebuah idiom. Secara idiomatik, Beat It memiliki arti ‘go away’ atau sebuah suruhan untuk pergi/dilarang datang.

Itulah beberapa judul lagu populer yang menggunakan idiom bahasa Inggris. Mulai sekarang jangan cuma dengarkan lagunya, tapi pahami juga arti dan makna lagunya supaya wawasanmu makin luas ya!