Ketika liburan sekolah ataupun kuliah tiba pasti kamu akan banyak bosan di rumah yang mana sering orang bilang ‘gabut’ sekaligus ‘mager’ dimana ketika kamu sudah benar-benar mencapai batas kebosanan yang memuncak, kamu pun akan merasa malas melakukan segala hal. Ketika hari libur diisi dengan family time, hang out bersama teman dan orang-orang terdekat namun semua kegiatan tersebut pun memiliki titik jenuh dimana kamu ingin melakukan hal lain yang lebih menarik bahkan menantang adrenalinmu yang sudah menurun selama liburan.

Mungkin kamu akan lebih enjoy dan rileks ketika menghabiskan waktu liburan dengan jalan-jalan hingga seolah-olah program di otakmu sudah off dan membuatmu lupa akan semua beban seperti ujian dan tes yang telah kamu lalui. Namun, justru karena liburan panjang itulah otak kamu akan mulai diriset ulang dan kembali beradaptasi dengan beban-beban yang akan kembali menguras otakmu sehingga menyebabkan perasaan gabut itu kembali menyelimuti jiwamu.

Agar otakmu bisa teriset dengan lancar tanpa system error, kamupun harus memulai sesuatu yang baru, salah satunya dengan mengikuti kompetisi atau sekedar berpartisipasi dalam sebuah event yang cocok dengan karaktermu. Jika kamu menebak hal tersebut lebih membosankan dibanding jalan-jalan, itu tidak benar. Karena dengan mengikuti event dan kompetisi, justru otakmu dipancing untuk menuangkan semua ide-ide dan kegabutanmu menjadi sebuah karya sekaligus melepas kejenuhanmu.

Belajarlah untuk mengefektifkan serta mengoptimalkan waktu liburanmu sebaik mungkin agar hidupmu tidak selalu terkesan gabut. Beberapa event dan kompetisi yang konvensional untuk menghilangkan kegabutanmu adalah:

Lomba menyanyi solo atau cipta lagu. Kenapa? Karena kamu bisa mengekspresikan kegabutanmu lewat lirik lagu dengan berbagai eksplorasi yang telah kamu lakukan, siapa tahu kamu punya bakat dalam membuat lirik lagu dan menjadi seorang penyanyi pro maupun arranger. Di samping itu, kamu pun bisa menguji keahlian dan skill yang kamu miliki dalam seni suara. Mengikuti sebuah kompetisi juga dapat membantumu untuk meningkatkan kualitas dirimu yang selama ini kamu anggap polos dan monoton.

Kunjungan ke festival musik. Musik selalu menjadi target sasaran setiap orang untuk menghibur diri mereka. Jika biasanya kamu mendengarkan musik lewat CD player, komputer, atau handphone, cobalah untuk mendatangi langsung ke acara festival musik untuk lebih mendalami keindahan alunan dan lantunan lagu sehingga bisa benar-benar membuatmu rileks dan memberikan inspirasi baru dengan mengajak ngobrol dan sharing mengenai pengalaman dari salah satu penyanyinya. Selain itu, kamu juga bisa belajar musik secara langsung dan mendapat banyak relasi untuk dijadikan sosok yang memotivasi dirimu.

Kunjungan ke karnaval kemerdekaan. Dalam karnaval biasanya dihiasi berbagai macam semarak kekayaan budaya seperti tarian daerah, dan pertunjukan parade dan orkestra musik tradisional yang dimeriahkan oleh peserta dari Sabang sampai Merauke. Melalui karnaval ada begitu banyak nilai dan makna yang bisa dipelajari serta diterapkan dalam keseharianmu yang salah satunya bisa mengatasi kegabutanmu, entah dari makna tarian, baju adat, alat musik dan lagu daerah yang mereka bawakan yang mana tidak hanya menghilangkan rasa bosanmu namun juga bisa memberikan motivasi dan gambaran nyata bilamana kamu ingin ikut berpartisipasi di karnaval tahun depan sekaligus bisa meningkatkan rasa nasionalisme kamu terhadap tanah air.

Mengikuti festival pariwisata. Untuk kamu yang memiliki hobi travelling kamu bisa manfaatkan festival pariwisata sebagai  wadah untuk menyalurkan emosimu. Di samping kamu bisa menikmati keindahan pemandangan alam, kamu juga bisa mengasah skill fotografimu dan hasil fotomu bisa di ikut sertakan dalam kompetisi bahkan bisa di promosikan ke dalam bentuk album. Juga, kamu bisa menjadi lebih mencintai alam dan lingkungan sekitar yang sudah semakin memprihatinkan keadaannya. Dengan mengikuti festival pariwisata membuat kamu menjadi lebih sadar dan membuka pikiran dan rasa simpatimu tentang keadaan alam semesta yang sebenarnya.

Jika kamu sering ikut berpartisipasi dalam sebuah event, kamu yang tadinya bertanya-tanya akan menjadi lebih mengerti dan rasa toleransi dan respect dalam dirimu tumbuh kembali, wawasanmu juga akan semakin luas karena kamu akan lebih banyak praktek dibanding belajar teori di sekolah. Selain itu, manfaat yang kamu dapat adalah kamu bisa lebih terbantu untuk menemukan passion-mu melalui events yang kamu ikuti dan kunjungi, melalui event kamu bisa menciptakan jati dirimu tanpa harus ada diderajat yang sama dengan orang lain di sekitarmu.

Ketika kamu datang ke suatu event, tanpa sadar kamu menguji diri sendiri tentang seberapa antusiasnya dirimu dalam mengapresiasi karya seriap orang melalui event tersebut. Maka, kembali lagi kepada diri kamu sendiri tentang event apakah yang cocok kamu hadiri dan ikuti sehingga bisa menghilangkan kegabutan abadimu, because your passion is your happiness.

 

Author: Tita Sr.