Anyeonghaseyo para Kpoppers yang tengah sibuk mencari keberadaan oppa idol di Seoul! Kalian mungkin sempat kesal dengan celotehan publik yang men-stereotype Kpoppers itu alay, apa bagusnya menjadi seorang Kpoppers yang hobinya fanwar di sosial media. Intinya Kpoppers di pandang rendahan oleh kaum non Kpoppers . But, jangan salah, percaya atau tidak jiwa Kpoppers bisa membawamu terbang ke Korea Selatan untuk bertemu oppa-oppa kamu dan ajaibnya ketika kamu pulang ke Indonesia kamu sudah bergelar S1 loh…

Kok Bisa?

Kalau kamu penasaran, kamu bisa coba KGSP yaitu Korea Government Scholarship Program. KGSP ini merupakan program beasiswa Pemerintah Korea Selatan yang di kelola oleh NIIED (National Institute for International Education) yang merupakan lembaga eksekutif di bawah Kementerian Pendidikan Korea Selatan yang tujuannya adalah untuk mengembangkan sumber daya manusia internasional dengan Korea Selatan di luar negeri, pertukaran pelajaran melalui program beasiswa pemerintah, memberikan pelayanan administrasi pendidikan, mempromosikan pertukaran pelajar internasional, serta membangun kerja sama dengan para penerima beasiswa KGSP.

Beasiswa ini membuka program untuk jenjang D2, S1, S2, dan juga S3. Nah, untuk para Kpoppers yang berencana juga tertarik untuk menempuh pendidikan S1 di beberapa universitas ternama di Korea, kalian bisa mulai mempersiapkan diri untuk pendaftaran selanjutnya tahun depan. Benefit yang bisa kalian dapat juga sangat banyak loh…

Pertama, kamu mendapat beasiswa pendidikan penuh dan tiket pesawat pulang pergi. Kedua, kamu memperoleh biaya bulanan, biaya asrama, dan biaya bonus setelah kelulusan, serta kamu akan mendapat asuransi kesehatan selama menempuh pendidikan di Korea dari NIIED, dan tidak hanya itu, kamu bahkan bisa mendapat biaya untuk pembelian buku tiap semesternya dari universitas-universitas terntentu.

Program S1 di Korea berlangsung 5 tahun dan pendaftaran di buka antara bulan Februari-Maret dan hanya melalui jalur Kedutaan Besar. Untuk kamu, para Kpoppers yang tidak bisa bicara bahasa Korea jangan panik dulu, karena kamu akan mendapat program sekolah bahasa Korea sekaligus pelatihan selama 1 tahun dan itu gratis, sisanya 4 tahun untuk masa kuliah kamu di Korea. Amazing bukan?!

Kalau sudah bisa bahasa Korea, apa bahasa Inggris masih di perlukan?

Ketika kamu akan mempersiapkan berkas dokumen untuk mengajukan beasiswa KGSP ini, alangkah lebih baik kamu menguasai dan menggunakan bahasa Inggris karena sangat di perlukan untuk proses wawancara dan seleksi berkas. Untuk para Kpoppers yang sudah jago bahasa Korea akan menjadi nilai plus saat kalian di wawancara, tapi tidak hanya jago ngomong saja ya, kalian juga harus memiliki sertifikat TOPIK Level 5 atau 6 sebagai dokumen pendukung agar tidak harus mengikuti program sekolah bahasa lagi. Untuk persyaratan lengkap kalian bisa kunjungi web ini ya…. http://www.studyinkorea.go.kr/en/sub/gks/allnew_invite.do .

Jadi, tunggu apalagi inilah saatnya kesempatan kamu khususnya untuk para siswa SMA yang sebentar lagi akan melepas masa putih abu kalian untuk menunjukkan keunggulan dan kemampuanmu sekaligus mendalami budaya Korea dan memaknai serta mengubah kesan Kpoppersmenjadi inspiring people in the world. Catch your dream and change the world, this is your show time! Jangan sia-siakan waktu untuk mewujudkan mimpimu pergi ke Seoul. Fighting!!!