Belajar di luar negeri merupakan sebuah pencitraan untuk kamu khususnya para scholarship hunter, yang mana kamu ingin menguji jiwa petualang dengan merantau ke negeri orang. Belajar dan tinggal di luar negeri lebih mempermudah kamu untuk mendalami sekaligus menerapkan budaya dari suatu negara secara langsung, budaya yang kamu dapat bisa dari sekolah dan kehidupan orang-orang sekitar, namun fakta membuktikan bahwa belajar secara praktek akan lebih menarik dibanding secara teoritis, tapi karena kamu hidup seorang diri tanpa satu pun keluarga yang menemani pastinya membuatmu homesick berhari-hari bahkan berminggu-minggu sehingga kamu jadi tidak betah tinggal di negeri orang yang justru merupakan pilihanmu.

Lalu apa solusinya?

Kita kembali lagi ke negeri sakura, kalau kamu merupakan pelajar asing yang sekolah di Jepang kamu tidak perlu khawatir tidak akan memiliki teman karena kamu merupakan seorang imigran, oleh karena Jepang merupakan negara yang kaya akan tradisi dan budaya, dimana hampir setiap musim tiba selalu mengadakan festival dan event yang berbau budaya. Nah, salah satu festival yang menjadi event favorit para wisatawan asing sekaligus rekomendasi penduduk Jepang adalah festival musim panas atau yang biasa disebut Festival Hanabi dan masih banyak istilah-istilah lainnya tergantung kota yang menyelenggarakannya.

Hanabi sendiri memiliki arti kembang api, setiap musim semi atau panas tiba, seluruh warga Jepang akan mengadakan pesta kembang api yang bahkan dipadu padankan dengan acara Haru Matsuri atau festival musim semi, jika kamu mendengar kata-kata seperti bunkasai atau matsuri pasti event tersebut berkaitan dengan festival budaya dan kembang api.

Hampir seluruh pengunjung mengenakan yukata (baju adat Jepang untuk pemuda/i yang belum menikah), dalam acara ini kamu yang sedang melakukan study tour di Jepang bisa menyempatkan waktu untuk berkunjung ke acara ini untuk merasakan sensasi budaya serta menyaksikan keindahan pernak pernik kembang api pada malam hari. Akan ada banyak variasi kembang api yang disuguhkan yang akan menghiasi langit Jepang dimusim semi atau musim panas.

Belajar di negeri orang sekaligus menikmati event maupun festival tahunan justru akan lebih mengikatkan diri kamu dengan budaya dan tradisi yang mungkin belum kamu ketahui dan juga menghilangkan penat dan tekanan yang sedang melanda diri kamu yang membuatmu menjadi homesick karena jauh dari keluarga.

Maka, cobalah untuk datang berkunjung ke acara-acara yang menurut kamu cocok untuk menghibur dan mendapat banyak teman sekaligus relasi agar hari-harimu tetap menyenangkan… Ganbarou!!!

 

Author: Tita Sr.