Mendengar kata jalan-jalan ke luar negeri siapa yang tidak ingin ya kan? Keliling-keliling sembari menikmati indahnya panorama dunia, mencicipi makanan-makanan dari negara lain, bertemu dengan orang-orang baru, mengenal budaya dan kebiasaan orang-orang di belahan negara lain, dan masih banyak lagi. Sudah tentu semua itu jadi idaman semua orang, tentunya. Kalau ngomongin ke luar negeri, sekejap semua seperti sudah terbayang di dalam kepala. Menikmati indahnya Korea Selatan dengan para Oppa-nya atau mungkin Ahjussi-nya haha? Atau mungkin selfie-selfie di bawah menara Eiffel? Atau yang lebih gokilnya lagi mancing di sungai Amazon mungkin? Apalagi semuanya gratis, wuih siapa yang gak mau coba.

Sayang semua itu cuma mimipi, gak bakalan lah,” anggapan sebagian orang. “Apalagi bagi yang gajinya seitu-itunya. Beda sama yang gajinya pas-pasan. Pas mau jajan ada, pas mau belanja ada, pas mau jalan-jalan ya ada, sudah deh, sulit,” tutur mereka. “Selain itu, biasanya nih para mahasiswa, untuk ongkos aja udah diirit-irit kan? Apalagi yang ngekost, yang kadang-kadang duit bulanan aja telat datangya, semua itu cuma semu aja kayaknya.” Tapi, apa mungkin terwujud? Apalagi gratis, benar-benar gratis?

Bisa kok, ya tapi harus usahalah. Enak banget dong kalo tiba-tiba kebetulan aja gitu kayak ketiban “durian runtuh”. Kalo gitu sih sudah pasti 99% ya mustahil. Untuk mendapatkan sesuatu harus ada usaha. Terus usahanya gimana? Susah gak?

 

Nih, di bawah ini ada beberapa tipnya, simak baik-baik ya siapa tau bisa buat referensi.

 

Menjadi Volunteer/Relawan

Kamu bisa ikut di beberapa organisasi atau program internasional. Biasanya model ini menyasar para mahasiswa. Kalian akan diikutkan ke beberapa acara di luar negeri sesuai dengan program atau tujuan mereka. Sekalian bisa jalan-jalan deh, tapi bukan cuma itu, bisa tambah relasi dan pengalaman juga.

Ikut Konferensi

Cocok nih yang cita-citanya ingin jadi Diplomat. Kalian bisa bertemu dengan orang-orang hebat dari berbagai negara. Kalian harus punya relasi yang luas dan terlebih harus pintar juga. Disana kalian nantinya akan jadi perwakilan yang bisa mengharumkan nama Negara. Wow, keren gak? Tapi ini sedikit sulit gaes, namun sebandinglah dengan usahanya.

Magang di luar negeri

Bagi kalian yang sudah kerja dan bosan dengan kerjaan kalian yang gitu-gitu aja atau mungkin bagi para mahasiswa yang waktunya magang kampus, ini patut dicoba. Banyak perusahaan-perusahaan di luar sana yang buka lowongan magang, sudah gitu biaya ditangung mereka lagi. Keluar negeri gratis, dapet gaji, dan biaya hidup dijamin, kurang enak apa coba.

Beasiswa luar negeri

Ini buat kalian nih sesuai kata pepatah lama “Kejarlah ilmu sampai ke negeri Cina.” Banyak banget peluang buat kalian sekolah ke luar negeri. Bukan sekedar kuliahnya doang yang dijamin sob, Kehidupan kalian juga bakal ditanggung. Universitas-universitas di sana biasanya menerima kalian di tahun ajaran baru mereka. Pendaftarannya dibuka jauh-jauh hari berkisar 4-5 bulan sebelum perkuliahan di sana dimulai. Jadi, harus sering-sering cek ya.

Bukan cuma swasta aja kok, pemerintah juga punya programnnya. Salah satunya yaitu dengan program beasiswa LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan). Program ini menyasar kalian yang sudah S1 mau lanjut ke S2 atau yang sudah S2 mau lanjut program doktoralnya. Untuk lebih lengkapnya silakan kepoin webnya di https://www.lpdp.kemenkeu.go.id.

 

Nah, bagi kalian yang sudah “kebelet” kepingin ke luar negeri tapi masih merasa sulit dengan ke-4 tip di atas, ada info yang menggembirakan untuk kalian. Ya, caranya yaitu keluar negeri dengan lomba. Keluar negeri cuma modal lomba doang, apa bisa? Seriusan nih?

Jawabannya bisa! Untuk kalian-kalian nih apalagi generasi yang katanya “milenial” ini sudah tentu akrab dengan gawai dan internet kan. Coba deh sekali-kali cari di internet event-event atau perlombaan yang hadiahnya bisa bawa kalian ke mimpi kalian yaitu jalan-jalan ke luar negeri. Jangan kepoin Instagram mantan melulu ah, entar malah nyesek lagi kalo tau mantanya lagi jalan-jalan di luar negeri. Gak mau kan, ya udah cuss.

Istilah kerennya kalian jadi seorang Hunter. Bertebaran lho lomba-lomba yang janjiin kalian ke luar negeri, harus pintar-pintar saja pilihnya. Bisa sesuai minat dan bakat kalian. Kalau yang suka menulis bisa cari yang kaitannya dengan penulisan. Kalau yang suka fotografi bisa cari yang berhubungan dengan fotografi, bebas pilih pokoknya. Bagi yang menang nih ganjarannya gaes, hadiahnya macam-macam, sampai-sampai ada yang bisa bawa kalian bisa trip ke luar negeri. Apalagi kalau hadiahnya fully funded, enak kan, kapan lagi coba. Sudah berprestasi bisa ditambah buat CV tuh kan, udah gitu dapet bonus ke luar negeri lagi. Kuy lah! Satu harus diingat, ada satu tip penting. Namanya lomba ya pasti ada menang ada kalah kan. Intinya jangan pernah menyerah. Kalau gagal coba lagi, coba lagi sampai dapat, usaha terus. Jangan lupa berdoa juga lho karena itu sangat penting.

Nah, karena itu ada satu nih yang wajib kalian cari tahu supaya bisa up-to-date mengenai event-event yang hadiahnya sesuai idaman kalian. Namanya Event Hunter Indonesia. Apa sih Event Hunter Indonesia? Event Hunter Indonesia merupakan platform penyedia event dan perlombaan secara regular berskala nasional. Di sini kalian bisa tau apa sih lomba yang sedang diadakan. Lombanya pun beragam, mulai dari penulisan esai, cipta puisi, fotografi, dan masih banyak lagi.

Gak tanggung-tanggung nih, hadiah utamanya yaitu trip ke luar negeri. Udah gitu fully funded lagi. Jadi, kalian gak perlu repot-repot pikirin akomodasi, penginapan, guide-nya, dan lain-lain deh. Tinggal duduk manis, terbang ke tempat tujuan, jalan-jalan, senang-senang deh, dijamin seru pokoknya. Gak usah ragu, Event Hunter Indonesia ini tidak ghoib kok dan sudah berpengalaman lebih dari 2 tahun mengadakan event-event skala nasional yang sejauh ini semua berjalan sukses dan responnya pun positif. Selain itu, Event Hunter Indonesia juga banyak mengadakan seminar-seminar yang berkaitan dengan luar negeri, misalnya kuliah dan beasiswa di luar negeri. Tentunya dibimbing langsung oleh orang-orang yang sudah berpengalamanan dan kompeten di bidangnya. So, tunggu apalagi gaes. Ke luar negeri gratis itu bukan khayalan. Ayo wujudkan mimpimu.

 

Penulis: Andro Satrio SG