Konnichiwa Minna-san! Ogenki desuka?! Jepang memang negara terunik di dunia, selain dikenal dengan budaya tradisional dan orang-orangnya yang cenderung homogenous, sushi, sashimi, bento, yakisoba sebagai makanan khas nya yang paling populer, Jepang selalu menciptakan inovasi dan kreasi terbaru khususnya dalam dunia animasi dan robotic yang tak kalah canggih dan keren dengan teknologi milik negara super power−Amerika Serikat.

Oleh karena geisha dan logat bahasanya yang khas, banyak orang yang tergiur untuk mempelajari budaya dan sekolah bahasa disana sekaligus menyaksikan sakura di musim semi  atau yang biasa dikenal dengan istilah Hanami milik negeri matahari ini. Disamping itu, kota metropolitan yang sekaligus menjadi Ibukota Jepang juga menjadi sasaran terbesar para wisatawan untuk berburu souvenir dan cendera mata di Akihabara.

Nah, untuk kamu para Japanlovers, Animelovers yang sekedar ingin bertemu tokoh Anime idola atau cosplayer, bahkan ingin ikut berpartisipasi dalam ajang Bunkasai seperti yang diadakan di sekolah-sekolah Jepang layaknya di film-film sekaligus yang memang tidak ingin repot-repot membuat passport dan visa untuk pergi ke negeri sakura, kini Jepang bisa dijangkau dengan transportasi umum di Indonesia loh…

Masa sih?

Japanese Traditional Festival in Little Tokyo Blok M atau sebuah event yang lebih dikenal dengan Ennichisai ini merupakan festival tahunan Jepang besar-besaran yang diadakan di Blok M Square Jakarta Selatan. Dalam event ini terdapat berbagai macam stand kuliner yang lezat tentunya terdiri dari makanan-makanan khas Jepang yang terdiri sekitar 200 booth makanan, diantaranya ada Takoyaki, Yakisoba, Udon, Okonomiyaki, Kakigouri, dan jajanan-jajanan Jepang lainnya yang dijual dengan harga yang sangat terjangkau.

Untuk kamu yang doyan banget Jejepangan, di Ennichisai banyak sekali, merchandise karakter Anime yang bisa kalian dapatkan, seperti tooth bag, gantungan kunci, kaos, poster, press mug bergambar anime, dan masih banyak ragam souvenir lainnya yang jangan sampai kamu lewatkan. Selain itu, kamu bisa mengikuti ajang lomba photo booth dengan menggunakan kostum karakter yang kamu sukai dan ingin kamu tampilkan.

Kamu juga bisa sekaligus belajar budaya Jepang melalui penampilan-penampilan seni yang ditampilkan oleh beberapa artis Jepang, juga parade tradisional seperti Yosakoi dari organisasi Kebudayaan Jepang di Indonesia, serta disemarakkan oleh beberapa Guest Performance seperti BONTEN, Ogawa Daisuke, Ito Keisuke, dan yang lainnya. Kamu bisa berkeliling mengitari kawasan Little tokyo tersebut yang terdiri lebih dari satu stage, kamu juga bisa mencoba untuk memakai baju adat Jepang yang tak lain adalah yukata dan kimono.

Untuk kamu yang penasaran dengan festival ini, kamu bisa berkunjung antara bulan Mei, Juni, dan Juli. Kalau kamu tanya apakah acara ini berbayar? No! It’s FREE. Siapapun boleh berkunjung ke festival ini, karena tujuan dari Ennichisai ini yaitu untuk mempererat hubungan kerja sama antara Indonesia dan Jepang  yang sudah beberapa dekade saling berkontribusi satu sama lain. So don’t forget to save the date yaaa! Arigatou gozaimashita!Matta ne~

 

Author: Tita Sr.